Yuk Hemat Bandwidth Dengan Menggunakan 5 Cara Mudah Dan Ampuh Di Bawah Ini

Y86! – Jika kamu memiliki bandwidth Internet dalam jumlah terbatas setiap bulannya, mungkin karena kamu menggunakan paket data domino online terpercaya seluler, maka belajar menghemat penggunaan internet agar hemat bandwidth internet bisa sangat sulit. Begitu banyak situs web dan aplikasi saat ini dirancang untuk menggunakan data sebanyak mungkin-mulai dari video HD hingga spreadsheet berbasis web. Tip berikut bisa membantu kamu hemat bandwidth tetap sesuai kebutuhan dan limit.

1. Pasang Monitor

Ada sebuah ungkapan mengenai manajemen kuno yang mengatakan, “Kamu tidak dapat mengatur apa yang tidak dapat kamu ukur,” dan hal yang sama berlaku untuk mengurangi penggunaan (hemat bandwidth) internet. Tanpa semacam monitor, kamu tidak dapat mengetahui langkah mana yang paling efektif untuk hemat bandwidth.

Ada banyak monitor bandwidth di luar sana. Windows termasuk yang sangat mendasar secara default, masuk ke layar Network Settings untuk versi windows dan klik dua kali pada koneksi yang kamu gunakan saat ini. Ini akan menunjukkan jumlah byte yang dikirim dan diterima sejak kamu terakhir melakukan reboot komputer atau memulai ulang koneksi.

Namun, yang sebenarnya kamu butuhkan adalah monitor yang sesuai dengan siklus penagihan (biasanya bulanan) sehingga kamu tidak perlu mencatat jumlah total secara manual dari setiap hari atau melakukan boot ulang komputer kamu setiap bulan. Sebagian besar pemantau koneksi gratis, jadi carilah yang paling kamu sukai dan yang tidak menyertakan adware.

2. Lakukan perhitungan matematika

Hampir semua rencana koneksi internet datang dengan jumlah bandwidth tertentu. Dengan menggunakan bandwidth itu, kamu tidak perlu ekstra. Periksa tagihan, situs web akun, atau hubungi Penyedia Layanan Internet (ISP) untuk mengetahui berapa banyak bandwidth yang kamu dapatkan disertakan dengan rencana pembatasan dari ISP tersebut. Periksa juga apakah penggunaan bandwidth nantinya dihitung dengan mengunduh dan mengunggah atau hanya mengunggah byte. (Penggunaan rumah dan seluler biasanya menghitung keduanya; interner bisnis besar dan web hosting terkadang hanya dihitung upload.)

Ambil jumlah byte yang kamu dapatkan per periode penagihan (biasanya satu bulan) dan membaginya dengan jumlah hari dalam rencana. Misalnya, jika kamu mendapatkan 10 GB per bulan pada paket seluler, maka kamu akan mendapatkan 0,33 GB (333 MB) per hari tanpa biaya tambahan. Jika kamu dapat menjaga penggunaan harian di bawah jumlah itu, kamu tidak perlu membayar biaya mahal yang mahal.

3. Temukan Hogs agar Hemat Bandwidth

Beberapa program di komputer akan menggunakan bandwidth yang jauh lebih banyak daripada yang lain. Misalnya, permainan catur Internet akan menggunakan bandwidth yang jauh lebih sedikit daripada World Of Warcraft. Pelaku terburuk pemakai bandwidth ini tentu saja mendownload aplikasi video dan aplikasi berbagi file.

Jalankan komputer dan buka monitor bandwidth. Jika kamu bisa domino online terpercaya memperhatikan bahwa komputer menggunakan bandwidth terus-menerus meskipun saat ini kamu tidak menggunakan Internet, mulailah mematikan program satu per satu sampai kamu menemukan yang menggunakan Internet. Pertimbangkan untuk membiarkan mereka dimatikan secara default kecuali saat kamu membutuhkannya.

Perhatikan juga bagaimana perubahan penggunaan Internet saat kamu menggunakan aplikasi tertentu.

4. Interval Malware

Jika Internet terus-menerus digunakan namun kamu tidak dapat menemukan program yang menggunakan semua bandwidth itu, kemungkinan kamu memiliki software virus jahat. Banyak virus komputer menyebar dengan menghubungkan ke komputer lain dan melakukan hacking ke dalamnya, yang seringkali membutuhkan banyak bandwidth.

Jika menurut kamu komputer sudah benar-benar terinfeksi, kamu perlu menjalankan program penghapusan malware atau menginstal ulang Windows dari awal. Kamu juga dapat memeriksa untuk melihat apakah ada koneksi keluar sendiri dengan menggunakan perintah netstat.

5. Nonaktifkan Flash Secara Default

Salah satu sumber utama penggunaan bandwidth tinggi adalah Adobe Flash. Sebenarnya bukan Flash itu masalahnya, ini sebagian besar aplikasi domino online terpercaya berbasis Flash menggunakan banyak bandwidth. Solusi sederhana adalah membuka konfigurasi browser web dan perhatikan kepada “menonaktifkan plugin sampai diklik”. Itu berarti tidak ada lagi Flash autoplay-jika kamu ingin menggunakan aplikasi Flash, kamu hanya perlu mengkliknya. Tapi untuk semua aplikasi Flash lainnya yang menghabiskan bandwidth, mereka akan dinonaktifkan dan tidak akan menggunakan satu byte bandwidth.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *